1001 Express Tour & Travel

Puncak B29 Bromo

Bromo menyimpan banyak tempat wisata indah di sekitarnya. Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Penanjakan 1 & 2 adalah beberapa di antaranya.

Selain, itu masih ada lagi beberapa tempat wisata lain sekitar Bromo yang patut disambangi. Puncak B29 Bromo adalah salah satunya.

Puncak B29 sendiri merupakan salah satu puncak di sekitaran Bromo yang berada di antara Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang dan Desa Ngadirejo yang ada di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Tak ada yang mengetahui pasti mengapa tempat ini dinamai B29. Namun, bisa jadi nama itu muncul lantara puncak ini berada di Bromo (B) dan mempunyai tinggi mencapai 2900 Mpdl (29). Dan dari kedua fakta tersebut, nama B29 pun tercetuskan.

Untuk sampai ke puncak ini, wisatawan bisa menempuh beberapa rute. Salah satu rute yang dierkomendasikan adalah rute Argosari-Lumajang. Jalur ini direkomendasikan karena jalur ini adalah jalur terdekat menuju B29. Meski begitu, wisatawan harus berhati-hati karena jalur ini berada di antara jurang yang amat curam.

Setelah sampai di puncak ini, wisatawan akan menjumpai pemandangan indah yang akan memanjakan mata. Pesona awan di atas langit adalah salah satunya. Awan tebal yang berarak di atas langit sana akan membuat wisatawan merasa seperti berada di kahyangan.

Jika wisatawan datang di antara bulan Mei hingga November, maka wisatawan akan melihat indahnya kawasan Gunung Bromo yang bersinar akibat terpapar cahaya matahari yang cerah. Semua lekuk Gunung Bromo akan terlihat jelas di bukan-bulan tersebut, termasuk pemandangan rerumputan hijau di Gunung Bromo dan sekitarnya.

Di puncak B29, wisatawan juga bisa melihat hijaunya lahan pertanian yang dikelola langsung oleh warga sekitar. Uniknya, area pertanian yang wisata lihat tersebut tidak seperti pada umumnya. Jika lazimnya sebuah pertanian dibangun di tanah datar, lahan pertanian yang wisatawan lihat di B29  justru berada di tanah atau dataran yang miring dan cukup curam.

Masih banyak panorama lain yang bisa disimak di B29. Kaldera lautan pasir yang mengelilingi Gunung Bromo, dan perkebunan Argosari yang berbari di sepanjang kaki gunung Semeru adalah beberapa di antaranya. Pemandangan kala mentari terbit dan terbenam juga bisa disimak di puncak tersebut.

Selain keindahan alamnya, wilayah puncak ini ternyata mempunyai kekuatan mistis di dalamnya. Menurut warga Suku Tengger yang tinggal di sekitar tempat wisata ini, terdapat tiga arwah tiga tokoh besar yang ada di sekitar tempat wisata ini, yaitu Joko Noto, Joko Niti, dan Eyang Sapu Jagat.

Ketiga arwah tersebut dipercaya merupakan keturunan dari Roro Anteng dan Joko Seger yang mana merupakan leluhur Suku Tengger. Di hari-hari tertentu, beberapa warga engger yang memeluk Hindu sering menggelar upacara kehormatan kepada ketiga arwah yang dijuluki Tri Padma Mandala tersebut.

Selain sebagai bentuk penghormatan, ritual ini juga ditujukan sebagai ajang untuk meminta doa restu agar dimudahkan dalam segala urusan hidup.Terdapat pula sebuah tugu yang dijadikan lokasi pemujaan para leluhur tersebut. Tugu tersebut adalah tugu pemujaan khusus untuk Joko Niti.

Tak seperti tempat wisata lain di Bromo, fasilitas di B29 terbilang sederhana dan ala kadarnya. Tak ada penjaja makanan atau penginapan yang sering kita temui seperti hotel di Bromo pada umumnya.

Jika pun ingin menginap di sekitar puncak ini, maka disarankan untuk menginap di penginapan yang dikelola penduduk sekitar. Atau, bisa juga mendirikan tenda di sekitaran puncak ini. Namun, wisatawan harus memakai jaket tebal jika memutuskan untuk berkemah di sekitar tempat wisata tersebut.

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *