Wisata Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu daerah di Ujung bagian Timur Jawa Timur. Banyuwangi berbatasan langsung dengan Selat Bali dan Samudra Hindia. Berjarak 239 km dari kota Surabaya dan dihuni oleh berbagai macam suku bangsa. Suku lokal yag berada disini yaitu Suku Osing yaitu suku dari percampuran suku jawa dengan suku lainnya. Suku Osing dalam keseharian menggunakan bahasa tertua suku jawa, tetapi dalam keadatan atau kebudayaan suku osing ini menggunakan kebudayaan Bali.

Keadaan alam yang sungguh menarik menjadikan Banyuwangi sebagai slaah satu destinasi wajib saat liburan. Terdapat masih banyak wisata alam yang masih hijau dan juga terkenal dengan savana liar seperti afrika.

Bagi anda yang ingin menikmati berkunjung ke wisata lain di Indonesia yang tidak kalah menarik, anda dapat mengunjungi 1001malam.com. Anda dapat menemukan banyak paket wisata di berbagai kota di Indonesia dengan pelayanan yang mudah dan aman dan tentunya ramah dikantong.

Berikut ini tempat wisata di Banyuwangi yang wajib anda datangi jika anda menyempatkan diri untuk mampir kesini dan sangat cocok untuk liburan bersama kawan , keluarga atau pasangan

Kawah Ijen

Indonesia memiliki keindahan alam yang tak ada tandingannya. Seperi yang stau ini, merupakan keindahan alam Indonesia yang cukup terkenal bagi turis domestik atau international. Wisata alam ini disebut dengan Kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen yang berada di Kecamatan Licin, kabupaten Banyuwangi. Gunung ini merupakan Gunung api yang masih aktif dan terletak di antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupeten Bondowoso. Yang paling unik dari kawah ijen ini, sekitar pukul 02.00 – 04.00 disekitar kawah akan mengeluarkan api biru atau Blue Fire. Fenomena alam ini hanya ada 2 didunia yaitu di Islandia dan Gunung Ijen ini. JIka anda bertandang pagi hari ketempat ini juga tak kalah indah pemandangannya. Kawah ijen yang berwarna hijau tosca akan sangat indah bila terkena cahaya matahari. Kawah ijen juga merupakan pusat danau kawah yang terbesar di dunia. Dan dapat memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Terdapat banyak pertunjukan yang diselenggarakan pemerintah untuk menarik minat pengunjung diantaranya Tour de Banyuwangi Ijen, Jazz Ijen Banyuwangi dan masih banyak lagi.

banyuwangi1

Pulau Merah

Pantai merah atau biasa yang disebut Pulau Merah terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini dikenal dengan sebuah bukit hujau bertanah merah yang berada di bibir pantai. Pengunjung dapat menuju ke bukit ini dengan berjalan kaki bila air laut sedang surut. Bukan hanya dari bukitnya saja yang menarik banyak pengunjung, tetapi keindahan pantai dan ombaknya pun turut menjadi primadona. Pantai Pulau Merah ini memiliki pantai pasir putih sepanjang 3 km dan cocok untuk anda dan keluarga untuk bersantai ria. Tetapi harus berwaspada dengan ombaknya yang tinggi. Ombak di Pulau Merah ini memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan Pantai Plengkung tetapi wisata selancar dan perlombaan selancar juga turut diadakan di pantai ini. Banyak wisatawan dengan berselancar dari tingkat pemula sampai profesional mendatangi tempat ini.

banyuwangi2

Pantai Plengkung

Pantai plengkung atau yang biasa disebut dengan G-Land merupakan wisata yang masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Wisata alam yang satu ini sudah sangat mendunia, terutama bagi para peselancar dunia. Lokasi pantai ini di sebelah tenggara pulau jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombak besar dan tinggi di pantai plengkung ini masuk ke dalam “The Seven Giant Wave Wonder”. Ketinggian ombak disini mencapai 4-6 meter dapat membentuk 7 gulungan gelombang bersusun. Inilah yang menyebabkan banyak para peselancar dunia ingin menaklukkan ombak di Pantai Plengkung. nama G-Land memiliki arti tersendiri, dan para turis asing lebih mengenal tempat ini dengan sebutan G-Land daripada Pantai Plengkung. G-Land memeiliki banyak arti salah satunya dari huruf “G” tersebut menjadi “Green” karena letaknya yang berada di tepi hutan tropis yang hijau, ada juga yang menyebutkan pantai plengkung ini memiliki pantai mirip dengan huruf G. Tak hanya itu saja G juga menjadi kepanjangan dari Grajakan yang merupakan nama teluk yaitu Teluk Grajakan. Diarea pantai juga disediakan bangunan menara tinggi bagi anda yang tidak hanya ingin melihat kkepiawaian pecinta surfing tapi juga daapt melihat pemandangan G-Land dari atas menara.

banyuwangi3

Pantai Rajegwesi

Pantai ini terletak di Desa Sarongan, Desa Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini memiliki pasir coklat yang berasal dari endapan lumpur saat terjadi banjir dari air laut. Dengan warnanya yang coklat bukan berarti mengurangi keindahan pantai ini, melainkan menambah keindahan pantai dengan hutan tropis yang hijau mengelilinginya. Pantai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Sebagian besar masyarakat disini bermata pencaharian sebagai nelayan. Tak heran merupakan sentra pedagang ikan bagi perkampungan disekitar pantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kecil dibandingkan dengan pantai selatan lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat karang besar yang menyerupai tembok raksasa yang menghalangi deburan ombah Samudera HIndia yang kencang. Batu Karang tersebutlah yang menjadi icon dari pantai Rajegwesi ini. Batu karang tersebut dinamakan Rajegwesi yang berarti Pagar Besi, karena bau karang tersebut memiliki kandungan besi dan berwarna merah berkarat.

banyuwangi4

Teluk Hijau

Teluk Hijau atau yang biasa dikenal sebagai Green Bay, terletak dikawasan Taman Nasional Meru Betiri. Disebut dengan Teluk Hijau karena air lautnya cenderung berwarna hijau indah. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki dominasi warna biru, pantai ini memiliki warna hijau karena terdapat adanya alga (sejenis plankton) berwarna hijau yang hidup diperairan / pantai dangkal disini. iPantai ni berjarak 90 km dari kota Banyuwangi kerah selatan. Pemandangan disini akan cukup unik bila diamati secara detail. Terdapat pasir putih yang lembut dan indah dan terdapat pula air terjun setinggi 8 meter menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib bila mengunjungi kota Banyuwangi. Untuk mencapai ke pantai ini juga memerlukan tenaga extra. Melewati jalan setapak yang curam dan berbatu, pengunjung juga harus menuruni bukit dan menembus hutan dengan pepohonan besar. Setelahitu anda akan menemukan kawasan terbuka dengan hamparan hijau teluk yang indah dengan batu karangnya.

banyuwangi5

Taman nasional Meru Betiri

Taman Nasional yang memiliki luas kurang lebih 580 meter persegi ini dihuni berbagai macam jenis flora dan fauna. Merupakan Taman Nasional terbaik di Jawa Timur. Taman Nasional ini secara administratif amsuk kedalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Terdapat 2 gunung yang mendiami Taman Nasional ini yaitu Gunung Meru dengan tinggi 500 mdpl dan Gunung Betiri dengan tinggi 1.223 meter. Terdapat banyak flora dan fauna langka yang mendiami taman ini. Terdapat buka Rafflesia Zollingeriana yang hanya dapat dikunjungi di Taman Nasional Meru Betiri. Tak hanya itu saja terdapat flora Balanhopora Fungosa merupaka tumbuhan langka dan dilindungi disini. Dan yang paling ikhas di taman nasional ini adalah terdapat penyu hijau, penyu belimbing, penyu sisik dan penyu lekang yang hidup didalamnya. Terdapat pula harimau loreng jawa yang keberadaanya hampir punah mengikuti jenis yang lainnya.

banyuwangi6

Pantai Watu Dodol

Pantai ini merupakan pantai dengan icon batu besar setinggi 6 meter dan berlokasi di pintu masuk kota Banyuwangi bila dari Situbondo. Lokasinya berada di 5 km dari Pantai Ketapang Banyuwangi. Watu Dodol emrupakan nama dari batu raksasa yang berada di ruas jalan menuju pantai ini. Pantai ni memiliki bentuk yang cukup unik yaitu bagian atasnya lebih besar dari bagian bawah. Dan juga batu karang ini ditumbuhi sebatang pohon kelor. Selain pantai dan perbukitan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan Gua Jepang, peninggalan pada perang duni II.

banyuwangi7

Air Terjun Kalibendo

Terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun Kalibendo memiliki ketinggian 10 meter. Air terjun ini berada di Kawasan Agro Wisata Kalibendo. Dikawasan ini banyak terdapat perkebunan kopi, karet, dan cengkeh. Letaknya berada dikaki gunung ijen. Karen itu air terjun ini memiliki pemandangan alam yang hijau dan asri. Untuk sampai kesini anda tidak langsung disuguhkan pemandangan air terjunnya, tetapi anda harus melewati jalan setapak dan juga sungai jernih. Saat melewati sungai ini anda tidak perlu kuatir karena sungai ini memiliki air yang dangkal jadi tidak perlu takut untuk terbawa arusnya. Selama perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan yang hijau. Bagi anda yang pecinta fotografi disinilah spot alam hijau yang wajib anda datangi.

banyuwangi8

Kami 1001 Express Tour & Travel menyediakan paket liburan ke Kota Kediri dan siap membatu liburan anda. Untuk Anda yang mengutamankan kenyamanan jangan khawatir karena kami sangat mengutamakan kenyamanana pelangan, liburan anda bersama kami pasti menyenangkan. Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau untuk semua kalangan.

HAPPY TRAVELING 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *